Penggunaan Perintah-Perintah pada Office Button Program WordPad

PERINTAH-PERINTAH
OFFICE BUTTON

Sebelum mengetik naskah, terlebih dahulu kita harus mengenal beberapa perintah yang umum digunakan oleh para pengguna komputer. Perintah tersebut antara lain New, Open, Save, Save As, Print, Page setup dan Exit. Semua perintah itu terdapat di Office Button. Marilah kita bahas satu persatu perintah tersebut :
1. Perintah New
    Perintah ini digunakan untuk membuat lembar baru. Lambangnya adalah Kertas Kosong. 
    Urutan langkahnya sebagai berikut :
  • Klik Office Botton dan Klik New
2. Perintah Open
    Perintah ini digunakan untuk membuka data yang sudah disimpan, baik yang disimpan di            my document ataupun di folder yang sudah dibuat. Lambangnya adalah Buku Terbuka.
Urutan langkahnya sebagai berikut :
  • Klik Office Button dan Klik Open
  • Klik nama file yang akan dibuka (Jika disimpan di my document)
  • Klik Open (jika ingin membuka) atau Cancel (jika ingin membatalkan)
atau
  • Klik Office Button dan Klik Open
  • Klik nama folder yang sudah dibuat, selanjutnya klik open
  • klik nama file yang ingin dibuka
  • klik Open
3. Perintah Save
    Perintah ini digunakan untuk menyimpan ulang tanpa harus merubah nama file, jika ada perubahan pada naskah yang sudah diketik. Lambangnya adalah Disket.
Urutan langkahnya sebagai berikut :
  • Klik Office Button dan Klik Save
4. Perintah Save As
    Perintah ini digunakan untuk menyimpan dan menulis nama file. Lambangnya adalah Disket beserta pensil.
Urutan langkahnya sebagai berikut :
Menyimpan di dalam My Document
  •  Klik Office Button dan Klik Save As
  • Pada kotak dialog Save As, ketik nama file di dalam kotak file name (perlu diingat dalam penulisan nama file tidak dianjurkan untuk memberi tanda baca, gunakan nama file yang mudah diingat)
  • Klik Save (jika ingin menyimpan) atau Cancel (jika ingin membatalkan)
  Menyimpan di dalam folder yang sudah dibuat

  • Klik Office Button dan Klik Save As
  • Pada kotak dialog Save As klik nama folder yang sudah dibuat kemudian klik Open (untuk membuka folder)
  • Ketikkan nama file di dalam kotak file name
  • klik Save
5. Perintah Print 
Perintah ini digunakan untuk mencetak naskah yang sudah dibuat. Lambangnya Printer
Urutan langkahnya sebagai berikut :
  • Klik Office Button dan Klik Print
  • Pada kotak dialog print, tentukan jenis printer yang digunakan 
  • pada kotak page range, All (untuk mencetak semua halaman), Selection (untuk mencetak halaman yang dipilih) Current Page (untuk mencetak pada halaman yang terdapat kursor)
  • Pages (untuk mencetak halaman tertentu)
  • Number of Copies (berapa kali mencetak naskah pada halaman yang sama)
  • klik print
Gambar kotak dialog print sebagai berikut :
 

 6. Perintah Exit
     Perintah ini digunakan untuk menutup kertas kerja sekaligus keluar dari program WordPad.

Itulah beberapa perintah yang umum digunakan oleh pengguna komputer saat mengetik naskah menggunakan program WordPad.

SELAMAT MEMBACA ARTIKEL DAN SILAHKAN MEMPRAKTIKKAN

TERIMA KASIH.... 

Comments

Popular posts from this blog

Pengenalan Program WordPad

PROSEDURE INPASSING GURU NON PNS 2013